RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BERBASIS PTK
Mata Pelajaran  : Bahasa Inggris
Kelas/Semester  : X (Sepuluh) / I (Gasal)
Alokasi Waktu  : 2x45 menit
Satuan Pendidikan  : SMA 1 Babadan
Standar Kompetensi  : Membaca
5.Memahami makana teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar : 5.2  merespon makna dan langkah retorika teks tulis esai secara akurat, lancar, dan berterima  dalam konteks kehidupan sehari-hari  dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk : recount, narrative, dan procedure.
Indikator   :5.2.1. Menyusun paragraf acak teks narrative
     5.2.2.Mengubah teks narratif ke dalam dialog  dengan baik dan benar
     5.2.3. mengidentifikasi kalimat appositive
     5.2.4. membuat kalimat appositive
I. Tujuan 
    Setelah pembelajaran ini selesai, diharapkan siswa mampu:
1. Menyusun paragraf acak teks narrative 
2. Mengubah teks narratif ke dalam dialog  dengan baik dan benar 
3. Mengidentifikasi kalimat appositive 
4. Membuat kalimat appositive
II. Materi
     1.  Teks narrative
     2.  Appositive 
III. Metode
1. Ceramah
2. Demonstration
3. Card Sort
4. Work in Group
IV. Langkah –Langkah Kegiatan
A. KEGIATAN AWAL 
Waktu : 10 menit
NO. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu  Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. KEGIATAN INTI 
Waktu : 70 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1
 Guru menjelaskan materi didepan kelas  Ceramah 5 menit    Buku Panduan{ Eudia Grace,  Th.M. Sudarwati. Look Ahead_For Senior High School Student Year X. Jakarta: Erlangga.
    Whiteboard
     Boardmarker
 Guru membagikan copyan potongan-potongan teks berbentuk narrative  2 menit Copyan teks materi
 Guru memberi instruksi kepada siswa untuk menyusun teks narrative secara benar  Work in Groups  20 menit  Copyan teks materi
Kamus bhs. Inggris
2 Siswa menyusun dialog dari paragraf teks narrative dan membacakannya didepan kelas secara berkelompok
 Demonstration  20 menit Copyan teks materi
Buku tulis
Balpoin
 Guru mengevaluasi hasil unjuk kerja Ceramah  3 menit Buku Tulis
Whiteboard
Boardmarker
3 Guru membagikan potongan-potongan kalimat Appositive Card Sort 2 menit Copyan teks materi
 Guru memberi petunjuk tugas pada siswa Penugasan 10 menit Kamus
Buku Panduan{ Eudia Grace,  Th.M. Sudarwati. Look Ahead_For Senior High School Student Year X. Jakarta: Erlangga.
 Guru menunjuk perwakilan kelompok untuk membaca kalimat dengan baik Demonstration 5 menit Copyan teks materi
 Guru mereview kesalahan dan memberi kesimpulan Ceramah 3 menit Buku Tulis
C. PENUTUP
Waktu :10 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Guru memberi tugas kelompok dan individu untuk siswa Ceramah   2 menit Internet
Majalah/Koran
LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah  5 menit Buku Catatan
3 Doa dan salam   3 menit 
V. Penilaian
 Kognitif & Psikomotorik
Jenis Tagihan • Tugas Kelompok
• Tugas Individu
Bentuk Instrumen • Uraian Objektif
• Performans
VI. Lampiran
- Hand out materi
- Instrumen penilaian
- Lembar Instrumen Perekam Kegiatan Pembelajaran
Ponorogo, 29 Oktober 2009
         Mengetahui
  Guru Pamong         Nama Mahasiswa PPLK II
Diana Finita, S.Pd        Isna Maratus Sholikhah
NIP.197006192007012015       NIM. 249062116
Manfaat ginseng
                      -
                    
Manfaat ginseng sebagai tanaman berkhasiat obat TOGA tidak diragukan lagi. 
Ginseng adalah tanaman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. 
Karena kay...
13 tahun yang lalu

 
 

 
 Postingan
Postingan
 
 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar