RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Senin, 30 November 2009

RPP

RENCANAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
BERBASIS PTK

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X (Sepuluh) / I (Gasal)
Alokasi Waktu : 2x45 menit
Satuan Pendidikan : SMA 1 Babadan
Standar Kompetensi : Membaca
5.Memahami makana teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar : 5.2 merespon makna dan langkah retorika teks tulis esai secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk : recount, narrative, dan procedure.
Indikator :5.2.1. Menyusun paragraf acak teks narrative
5.2.2.Mengubah teks narratif ke dalam dialog dengan baik dan benar
5.2.3. mengidentifikasi kalimat appositive
5.2.4. membuat kalimat appositive
I. Tujuan
Setelah pembelajaran ini selesai, diharapkan siswa mampu:
1. Menyusun paragraf acak teks narrative
2. Mengubah teks narratif ke dalam dialog dengan baik dan benar
3. Mengidentifikasi kalimat appositive
4. Membuat kalimat appositive
II. Materi
1. Teks narrative
2. Appositive
III. Metode
1. Ceramah
2. Demonstration
3. Card Sort
4. Work in Group

IV. Langkah –Langkah Kegiatan
A. KEGIATAN AWAL
Waktu : 10 menit
NO. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. KEGIATAN INTI
Waktu : 70 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1


Guru menjelaskan materi didepan kelas Ceramah 5 menit Buku Panduan{ Eudia Grace, Th.M. Sudarwati. Look Ahead_For Senior High School Student Year X. Jakarta: Erlangga.
Whiteboard
Boardmarker
Guru membagikan copyan potongan-potongan teks berbentuk narrative 2 menit Copyan teks materi
Guru memberi instruksi kepada siswa untuk menyusun teks narrative secara benar Work in Groups 20 menit Copyan teks materi
Kamus bhs. Inggris
2 Siswa menyusun dialog dari paragraf teks narrative dan membacakannya didepan kelas secara berkelompok
Demonstration 20 menit Copyan teks materi
Buku tulis
Balpoin
Guru mengevaluasi hasil unjuk kerja Ceramah 3 menit Buku Tulis
Whiteboard
Boardmarker

3 Guru membagikan potongan-potongan kalimat Appositive Card Sort 2 menit Copyan teks materi
Guru memberi petunjuk tugas pada siswa Penugasan 10 menit Kamus
Buku Panduan{ Eudia Grace, Th.M. Sudarwati. Look Ahead_For Senior High School Student Year X. Jakarta: Erlangga.
Guru menunjuk perwakilan kelompok untuk membaca kalimat dengan baik Demonstration 5 menit Copyan teks materi
Guru mereview kesalahan dan memberi kesimpulan Ceramah 3 menit Buku Tulis

C. PENUTUP
Waktu :10 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Guru memberi tugas kelompok dan individu untuk siswa Ceramah 2 menit Internet
Majalah/Koran
LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 3 menit


V. Penilaian
 Kognitif & Psikomotorik
Jenis Tagihan • Tugas Kelompok
• Tugas Individu
Bentuk Instrumen • Uraian Objektif
• Performans
VI. Lampiran
- Hand out materi
- Instrumen penilaian
- Lembar Instrumen Perekam Kegiatan Pembelajaran

Ponorogo, 29 Oktober 2009
Mengetahui
Guru Pamong Nama Mahasiswa PPLK II


Diana Finita, S.Pd Isna Maratus Sholikhah
NIP.197006192007012015 NIM. 249062116

Tidak ada komentar:

Pengikut