RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Senin, 30 November 2009

laporan individu PPL

UPAYA PENINGKATAN
LAPORAN INDIVIDUAL PPLK II

Diajukan Kepada
Ketua Program Studi pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Ponorogo
Untuk Memenuhi Tugas PPLK II tentang
Latihan Mengajar Berbasis PTK




OLEH:

BINTI MA’RIFAH
NIM: 243 06 2018

JURUSAN TARBIYAH
Program Studi Pendidikan Agama Islam
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PONOROGO
DESEMBER 2009

LEMBAR PERSETUJUAN
GURU PAMONG DAN KEPALA SEKOLAH


Laporan PPLK II tentang Latihan Mengajar Berbasis PTK atas nama saudara :
Nama : Binti Ma’rifah
NIM : 243 06 2018
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul :

Telah diperiksa dan disetujui untuk dijadikan lapran.



Guru Pamong


Rohminanto Tanggal,
NIP.



Kepala Sekolah



Dra. Tutut Erliena, M.Pd Tanggal,
NIP.19590609 198403 2 006

LEMBAR PERSETUJUAN
DPL DA KAPRODI


Laporan PPLK II tentang Latihan mengajar Berbasisi PTK atas nama saudara :

Nama : Binti Ma’rifah
NIM : 243 06 2018
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : Pendidikan Agama Islam
Judul :

Telah diperiksa dan disetujui untuk dijadikan laporan.




Ketua Program Studi PAI
STAIN Ponorogo Ponorogo,
Dosen Pembimbing Lapangan





BASUKI AS’ADIE, M.Ag
NIP. 197210102003121003



BASUKI AS’ADIE, M.Ag
NIP. 197210102003121003


KATA PENGANTAR


DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL
HALAMAN JUDUL
LEMBAR PERSETUJUAN
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN

BAB I : PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Identufikasi Masalah
C. Batasan dan Rumusan Masalah
D. Hipotesis Tindakan Kelas
E. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
F. Manfat Hasil Penelitian Tindakan Kelas
G. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas
1. Obyek Tindakan Kelas
2. Setting/Lokasi/Subyek Penelitian Tindakan Kelas
3. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kleas
4. Teknik Pengumpulan Data
5. Teknik Analisis Data

BABA II : KAJIAN PUSTAKA
A. Landasan Teori
1. Metode Pembelajaran
2. Pemahaman
3. Pendidikan Agama Islam
B. Kajian Hasil Penelitian Terdahulu

BABA III : HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A. Gambaran Setting Penelitian
1. Perencanaan (Planning)
2. Tindakan (Action)
3. Observasi (Observation)
B. Penjelasan Per-Siklus
C. Proses Analisi Data Per-Siklus
D. Pembahasan dan Pengambilan Kesimpulan

BAB IV : PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Lampiran 1 : RPP 1
Lampiran 2 : RPP 2
Lampiran 3 : RPP 3
Lampiran 4 :
Lampiran 5 :
Lampiran 6 :
Lampiran 7 :
Lampiran 8 :
Lampiran 9 :
Lampiran 10 :
Lampiran 11 :
Lampiran 12 :

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

B. Identifikasi Masalah
C. Batasan Masalah dan Rumusan Masalah
D. Hipotesis Tindakan Kelas
E. Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
F. Manfat Hasil Penelitian Tindakan Kelas
G. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas
1. Obyek Tindakan Kelas
a.
2. Setting/Lokasi/Subyek Penelitian Tindakan Kelas
a. Setting/Lokasi PTK
Penelitian bersifat praktis berdasarkan permasalahan riil dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri I Babadan Ponorogo tahun ajaran 2009-2010.
b. Subyek PTK
Subyek pelaku PTK ini adala mahasiswa PPLK II STAIN Ponorogo, sedangkan subyek penerima PTK adalah peserta didik kelas X-5 SMA Negeri I Babadan Ponorogo Semester Gasal Tahun Pelajaran 2009-2010.
3. Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kleas
PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian berdaur yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting) observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Secara keseluruhan empat tahap tersebut dalam bentuk spiral. Untuk mengatasi suatu maslah, mungkin diperlukan lebih dari satu siklus yang antara siklus-siklus tersebut saling berkaitan dan berkelanjutan. Siklus kedua, dilaksanakan bila masih ada pencapaian yang kurang maksimal dalam siklus pertama. Siklus ketiga, dilaksanakan jika siklus kedua kurang behasil dalam mengatasi maslah, begitu seterusnya sehingga dapat dicapai keberhasilan yang maksimal.
Logika 4 (empat) tahap dapat dilihat pada gambar 1.1 berikut:
Adapun langkah-langkah pembelajaran PTK adalah sebagai berikut:
Sebelum melaksanakan pembelajaran berbaisi PTK, terlebih dahulu melkukan observasi awal untuk:
a. Menemukan masalah.
b. Melakukan identifikasi masalah.
c. Menentukan batasan masalah.
d. Menganalisa masalah dengan menentukan factor-faktor yang diduga sebagai penyebab terjadinya masalah.
e. Merumuskan gagasan-gagasan pemecahan masalah dengan merumuskan hipotesis-hipotesis tindakan sebagai pemecahan masalah.
f. Menentukan pilihan hipotesis tindakan penecahan masalah.
g. Merumuskan judul perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis PTK.
Setelah judul perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis PTK dirumuskan, langkah berikutnya adalah:
a. Menyusun perencanaan (planning)
Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah:
1) Membuat rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
2) Mempersiapkan fasilitas dan sarana pendukung yang diperlukan.
3) Mempersiapkan instrument untuk merekam dan menganalisis data mengenai proses dan hasil tindakan.
b. Melaksanakan tindakan (acting)
Pada tahap acting ini, yang harus dilakukan adalah melaksanakan tidakan yang telah dirumuskan pada RPP dalam situasi yang actual, meliputikegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup.
c. Melaksanakan pengamatan (observing)
Pada tahap ini yang harus dilakukan adalah:
1) Mengamati perilaku siswa/siswi dalam mengikuti pembelajaran.
2) Memantau kegiatan diskusi/kerjasama antar siswa/siswi dalam kelompok.
3) Mengamati perkembangan masimg-masimg siswa/siswi terhadap penguasaan materi pembelajaran.
d. Melakukan refleksi (reflecting)
Pada tahap ini, yang harusdilakukan adalah:
1) Mencatat hasil observasi.
2) Mengevaluasi hasil observasi.
3) Menganalisis hasil pembelajaran.
4) Mencatan kelemahan dan kekurangan dalam proses dan hasil pembelajaran untuk dijadikan bahan perbaikan pada siklus berikutnya.
4. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dalam pembelajaran berbasis PTK ini meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi.
a. Teknik Wawancara
Wawancara adalah percakapan dengan maksud tertentu, dengan orang lain untuk mengetahui suatu kejadian, kegiatan, perasan dan lain-lain. Teknik wawancar yang digunakan adalah wawancara
b. Teknik Observasi
c. Teknik dokumentasi
5. Teknik Analisis Data


BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A. Landasan Teori
B. Kajian Hasil Penelitian Terdahulu

BAB III
HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS

A. Gambaran Setting Penelitian
1. Perencanaan (Planning)
2. Tindakan (Action)
3. Observasi (Observation)
B. Penjelasan Per-Siklus
C. Proses Analisi Data Per-Siklus
D. Pembahasan dan Pengambilan Kesimpulan

BAB IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
B. Saran


DAFTAR PUSTAKA

1 komentar:

Pengikut