RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Minggu, 05 April 2009

membuat puzzle

PRAKARYA KERTAS III: Bermain Puzzle, Yuk! Jul 18, '08 2:09 AM
for everyone

Ide membuat prakarya berikut adlaah dari sebuah gagasan utuk menyenangkan hati anak2 selagi liburan musim panas yang panjang. Terutama buat putra bungsu saya yang suka sekali dengan puzzle. Lalu karena temanya adalah saya sebagai ibu yang berusaha menyenangkan hati anak2nya, saya masukkan saja pembuatan puzzle ini untuk kegiatan yang sedang berjalan, PRAKARYA KERTAS III. Kali ini PK III diasuh oleh Dyah Dyanita yang memilih judul "Ibu & Anak". Siapa tahu kawan2 yang lain tertarik untuk membuatnya, ayo dicoba!



BAHAN2 YANG DIPERLUKAN:

-- gambar dari majalah bekas atau buku mewarnai yang disukai anak2

-- gunting dan/atau pisau cutter

-- penggaris

-- lem kertas encer (beri setetes air)

-- kuas cat yang sedang ukurannya

-- pensil, spidol hitam

-- kertas kardus dari kemasan bekas atau kertas yang tebal

-- lap dari kain yg bersih















CARA MEMBUATNYA:

1. Bagi gambar yang mau dijadikan puzzle ke dalam beberapa segmen. Saya membagi gambar menjadi 12 segmen. Garisi dengan pensil tipis saja. Lalu gambar tepian berliku2 di masing2 segmen yang akan memisahkan gambar2nya nanti.

2. Lem kertas yang sudah dicampur air sedikit, diaduk supaya rata. Oleskan lem tersebut ke bagian belakang gambar. Tempelkan gambar pada kertas kardus. Ratakan gambar dengan memakai lap kering dari kain.

3. Sesudah gambar terlihat kering, pertegas garis berliku di pinggir2 tiap segmen dengan spidol hitam. Kemudian potong segmen2 tadi dengan gunting atau pisau.

















Selamat berkarya dan main puzzle yuk!

Tidak ada komentar:

Pengikut