RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Senin, 30 Agustus 2010

Tingkatkan Kreativitas Anak

Memiliki anak kreatif adalah dambaan orangtua. Anak-anak yang kreatif memiliki cara berpikir yang unik, karena itu mereka dapat menjadi pemecah masalah yang baik. Namun, kreativitas bukan berarti seorang anak berhasil mencapai solusi saja, tapi sekaligus proses dan cara berpikir yang dimilikinya. Kabar baik bagi para orangtua adalah kreativitas anak dapat dibentuk sejak dini. Beberapa cara sederhana berikut dapat menjadi masukan bagi Anda yang ingin meningkatkan kreativitas anak.

Pertama, percaya pada kemampuan anak. Tunjukkan bahwa Anda percaya pada kemampuan mereka, maka hal itu akan menjadi fondasi yang kuat dalam pembentukan kreativitas. Sebagai contoh, jika anak mewarnai rumput dengan warna biru, daripada menunjukkan ketidaksetujuan, lebih baik Anda bertanya dan memberi komentar positif. Hal ini akan merangsang anak untuk terus berpikir kreatif.

Kedua, beri dukungan pada anak. Orangtua hendaknya mendukung keinginan anak untuk berkreasi selama hal itu baik. Beri kebebasan untuk menentukan apa yang ingin dilakukannya dan doronglah anak untuk mencapai yang ingin diraihnya tanpa memaksanya. Misalnya, anak Anda hobi melukis dan ingin ikut lomba lukis di sekolahnya, dukunglah, bahkan bila dia tak bisa melukis dengan baik. Walaupun tidak dapat memenangkan lomba, tetapi anak akan terus berusaha untuk lebih kreatif karena menegtahui bahwa Anda mendukungnya.

Ketiga, sediakan fasilitas yang dapat mengasah kreativitas. Fasilitas yang dimaksud anatar lain adalah benda-benda yang dapat mengembangkan jiwa seni anak, seperti kertas gambar, pensil warna, krayon, gunting, lem, dan kertas lipat. Akan lebih baik jika disediakan suatu ruang khusus yang menyediakan fasilitas tersebut agar anak bebas mewujudkan ide-idenya tanpa takut dimarahi bila mengotori dirinya sendiri. Dengan demikian, Anda pun tidak perlu khawatir seluruh bagian rumah berantakan.

Keempat, ajaklah anak untuk merasakan pengalaman baru. Luangkan waktu khusus untuk mengajak anak ke tempat yang belum pernah dikunjunginya, seperti museum, kebun binatang, dan taman rekreasi. Tidak harus menunggu liburan akhir tahun untuk berekreasi, akhir pekan juga merupakan saat yang baik untuk mendapatkan pengalaman baru. Hal-hal baru akan merangsang imajinasi sehingga anak pun akan semakin kreatif. Nah, mudah bukan? Anak menjadi kreatif, Anda pun senang.

Tidak ada komentar:

Pengikut