RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Rabu, 27 Juli 2011

RPP SMA KELAS IX SEMESTER II

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Indikator : 8.1.1 Mengidentifikasi topik teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
8.1.2 Mengidentifikasi informasi tertentu teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
8.1.3 Merespon tujuan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi topik teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
2. Mengidentifikasi informasi tertentu teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
3. Merespon tujuan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks Teks lisan banner, poster, pamphlet dll
- How to Ask/State Plans
- How to Persuade Someone
- How to Prevent Something

III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Discus in pair
- Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 5 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 2 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 2 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 1 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit - Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- Internet
- CD
2 Guru memberi petunjuk siswa untuk mendengarkan berbagai jenis iklan secara klasikal listening 15 menit
Siswa mendiskusikan tujuan dan isi iklan Discus in pair
15 menit
Guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi siswa Tanya jawab dan ceramah 5 menit - Buku catatan
- Buku Panduan

Guru memberi tugas mandiri kepada siswa untuk membuat sebuah iklan yang akan disampaikan secara lisan 15 menit - Buku - Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”, Joko Priyana dkk, Penerit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 5 menit

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi ujian lisan dan tugas individu untuk siswa Ceramah 10 menit Internet
Majalah/Koran
Buku Panduan
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 3 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat
1. Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”, Joko Priyana dkk, Penerit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008.
2. Internet: www.englishdaily626.com, www.esl-lab
3. LKS
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin
VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans - Uraian objektif - Uraian bebas
 Bentuk : - Kuis - Ujian lesan -Tugas Individu
VII. Lampiran
 Hand out materi
 KKM (Kreteria Ketuntasan Minimal)
Mengetahui, Ponorogo, 2010
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari- hari
Kompetensi Dasar : 7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat

Indikator : 7.1.1 Mengidentifikasi tindak tutur lisan beterima kasih, memuji dan mengucapkan selamat
: 7.1.2 Menggunakan tindak tutur lisan beterima kasih, memuji dan mengucapkan selamat dalam sebuah kalimat
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi tindak tutur lisan beterima kasih, memuji dan mengucapkan selamat
2. Menggunakan tindak tutur lisan beterima kasih, memuji dan mengucapkan selamat dalam sebuah kalimat
3. Menemukan ciri-ciri perbedaan tindak tutur lisan beterima kasih, memuji dan mengucapkan selamat
II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks tindak tutur lisan beterima kasih
- Teks tindak tutur memuji
- Teks tindak tutur mengucapkan selamat
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Listening
- Small & Change Groups
- Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit X 2 pertemuan
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview materi yang berkaitan dengan pokok bahasan Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 75 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- LKS
- White board & board marker
Guru memberi petunjuk siswa untuk menyimak teks lisan tindak tutur beterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat Ceramah Tanya Jawab 5 menit - Buku catatan


Guru dan siswa menyimak teks materi lisan listening 20 menit - CD / Kaset
Siswa mengidentifikasi serta mencari ciri yang menandai teks materi lisan dani Guru memberikan pengawasan Small Group 15 menit
- Buku tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- LKS



2 Siswa bertukar kelompok dan membuat rangkuman Change Groups 15 menit
3 Masing masing siswa membuat kalimat tindak tutur beterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat - 2 menit
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 3 menit

C. Penutup
Waktu : 5 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas kelompok untuk siswa Listening 1 menit - CD film animasi
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 2 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 20082. Buku Catatan/ Buku Tulis
3. LKS
4. CD/ Kaset Pendidikan
5. Board marker
6. Balpoin

VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Tugas Individu - Tugas Kelompok
 Bentuk : - Uraian objektif

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 14-04-2010
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran




, S. Pd
NIP. NIP.










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan

Indikator : 7.1.1 Mengidentifikasi tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
: 7.1.2 Membuat dialog singkat tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
2. Membuat dialog singkat tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan

II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks tindak tutur: Menyatakan rasa terkejut dan menyatakan rasa tak percaya
- Teks tindak tutur: Menyatakan menerima undangan, tawaran, dan ajakan

III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Discuss Together
- Groups
- Role Play
- Tanya Jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 75 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru memberi penjelasan singkat materi di depan kelas Ceramah 10 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- LKS
- White board & board marker
Guru memberi petunjuk siswa untuk menyimak teks lisan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan
Ceramah & Listening 20 menit - CD / Kaset


Masing masing siswa mengidentifikasi teks materi 10 menit - Buku Tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- LKS
Guru dan siswa diskusi bersama tentang teks materi Discuss Together 7 menit
- Buku tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- LKS



2 Siswa berkelompok membuat dialog pendek tentang teks materi Groups 10 menit
Masing masing kelompok mempraktekkan di depan dialognya Role Play 15menit
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 3 menit

C. Penutup
Waktu 5 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas individu untuk siswa Ceramah 1 menit - Majalah/Koran
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 2 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat
1. Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
2. CD/Kaset
3. LKS
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin

VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Tugas Individu
 Bentuk : - Uraian objektif

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM

Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 8.2 Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Indikator 8.2.1 Menemukan tokoh dari cerita yang didengar
8.2.2 Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
8.2.3 Menganalisis penilaian tentang film/ song/ novel teks yang didengar
8.2.4 Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang didengar
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Menemukan tokoh dari cerita yang didengar
2. Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
3. Menganalisis penilaian tentang film/ song/ novel teks yang didengar
4. Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang didengar
II. POKOK-POKOK MATERI
-Teks lisan berbentuk narrative
-Teks lisan berbentuk review
- How to Express Regret
- How to Express hope (Expectations)
- How to Express Intentions
- Adverbial Clauses of Time
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah - Tanya Jawab
- Index Card Sort - Listening
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit - Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2 Guru memberi petunjuk siswa untuk mendengarkan materi yang dibacakan oleh gurunya Listening 15 menit
3 Siswa mendiskusikan informasi, struktur, dan discourse dari teks yang didengar Discuss together
10 menit
4 Guru membagikan potongan kertas berisi macam –macam ungkapan kepada siswa Caramah 2 menit Potongan kertas
- Kertas plano
- Double tip
-Bord marker

5 Guru menyuruh siswa menidentifikasi ungkapan dari sebuah kalimat pada masing-masing siswa Card sort 15 menit Potongan kertas plano
6 Guru meminta siswa untuk menempelkan potongan-potongan kertas tersebut sesuai kriterianya Card sort 10 menit
7 Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 3 menit

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas individu untuk siswa Ceramah 2 menit Majalah/Koran
LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 3 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Internet
3. LKS
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin
7. Kertas plano

VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Uraian Bebas - Uraian objektif
 Bentuk : - Kuis - Tugas Kelompok - Tugas individu
VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu :4 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berbicara
9.Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 9.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
Indikator 9.2.1 Mengungkapkan menyesali
9.2.1 Mengungkapkan tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
9.2.1 Mengungkapkan memprediksi, berspekulasi
9.2.1 Mengungkapkan memberikan penilaian
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengungkapkan menyesali
2. Mengungkapkan tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
3. Mengungkapkan memprediksi, berspekulasi
4. Mengungkapkan memberikan penilaian
II. POKOK-POKOK MATERI
- tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
- tindak tutur menyesali, berspekulasi dan memberikan penilaian
- How to State Objectives
- How toEncourage Someone
- Conditional Sentences
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah - Tanya Jawab
- Role Play
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit - Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- Buku tulis
2 Guru memberi petunjuk siswa untuk membuat teks drama berdasarkan materi writing 25 menit
3 Siswa bermain peran didepan kelas secara berkelompok Role Play
20 menit
4 Guru memberi evaluasi berdasar role play siswa Caramah 5 menit - buku catatan
- absen

5 Guru memberikan waktu kepada siswa untuk bertanya Tanya Jawab 5 menit

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas individu untuk siswa Ceramah 2 menit LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 3 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. LKS
3. Board marker
4. Buku Tulis
5. Balpoin

VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Uraian Bebas
 Bentuk : - praktek - Ujian Lesan
VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2x45menit
Standar Kompetensi : Mendengarkan
Berbicara
9.Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah
Indikator 9.1.1 Mengemukakan tindak tutur membujuk, mendorong semangat
9.1.2 Mengemukakan tindak tutur mengkritik
9.1.3 Mengemukakan tindak tutur mengungkapkan harapan
9.1.4 Mengemukakan tindak tutur mencegah
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengemukakan tindak tutur membujuk, mendorong semangat
2. Mengemukakan tindak tutur mengkritik
3. Mengemukakan tindak tutur mengungkapkan harapan
4. Mengemukakan tindak tutur mencegah
II. POKOK-POKOK MATERI
- tindak tutur membujuk, mendorong semangat
- tindak tutur mengkritik, mengungkapkan harapan dan mencegah
- How to State Objectives
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah - Tanya Jawab
- Demontrasi
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 20 menit - Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- Buku tulis
- Board marker
2 Guru memberi petunjuk siswa untuk membuat percakapan dari masing-masing materi Ceramah 25 menit
3 Secara berpasangan Siswa mendemonstrasikan percakapannya ke depan kelas Demonstrasi
15 menit
4 Guru memberi evaluasi berdasarkan demonstrasi siswa Caramah 10 menit - Buku Panduan
- Buku Catatan

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas kelompok untuk siswa Ceramah 2 menit TV
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 3 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Internet
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin
7. TV


VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Uraian Bebas - Uraian objektif
 Bentuk : -Pertanyaan Lesan - Ujian Lesan - Tugas kelompok
VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2x45 menit
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Indikator : 10.1.1 Menerapkan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi secara lisan
10.1.2 Mengidentifikasi tema teks pendek resmi dan tak resmi menggunakan bahasa lisan
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Menerapkan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi secara lisan
2. Mengidentikasi tema teks pendek resmi dan tak resmi menggunakan bahasa lisan

II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks lisan banner, poster, pamphlet dll
- preposition + ing
- How to assess Something
- How to criticize something

III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- learning cell
- Tanya Jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit X 2 pertemuan
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview materi yang berkaitan dengan pokok bahasan Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 75 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- White board
- Board marker
2 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya Tanya Jawab 5 menit
3 Guru memberi beberapa teks pendek resmi dan tidak resmi yang berbeda kepada siswa sebangku writing 20 menit - copyan teks
4 Siswa membuat pertanyaan secara berpasangan Learning cell 15 menit
- Buku tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- absen



5 Siswa sekelas bertukar pertanyaan dan jawaban Learning cell 15 menit
6 Guru mengamati dan memberi klarifikasi kepada siswa Ceramah 10 menit

C. Penutup
Waktu : 5 menit x 2 pertemuan
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas kelompok untuk siswa Listening 1 menit - CD film animasi
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 2 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Buku Catatan/ Buku Tulis
3. LKS
4. CD/ Kaset Pendidikan
5. Board marker
6. Balpoin

VI. Penilaian
 Instrumen : - Portofolio - Uraian objektif
 Bentuk : - tes tertulis - ujian lesan

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 14-04-2010
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran




, S. Pd
NIP. NIP.











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2x45 menit
Standar Kompetensi : Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar : 10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
Indikator : 10.2.1 Menggunakan kalimat penilaian dalam menyampaikan sebuah review
10.2.2 Melakukan monolog berbentuk narrative
10.2.3 Melakukan monolog berbentuk review
10.2.4 Bercerita dengan bahasa lisan
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Menggunakan kalimat penilaian dalam menyampaikan sebuah review
2. Melakukan monolog berbentuk narrative
3. Melakukan monolog berbentuk review
4. Bercerita dengan bahasa lisan

II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks lisan berbentuk narrative
- Teks lisan berbentuk review
- How to Give Prediction
- How to Give Speculation
- since, for, as = because

III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Telling Story
- Tanya Jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview materi yang berkaitan dengan pokok bahasan Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- White board
- Board marker
2 Guru memberi beberapa teks film untuk dibacakan siswa secara bergantian 5 menit
3 Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk membacakan teks film didepan kelas secara bergantian Telling story 20 menit - copyan teks
4 Siswa memberi tanggapan tentang kekurangan dan kelebihan teks film Ceramah 15 menit
- Buku tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- absen



5 Guru memberi penguatan terhadap klarifikasi siswa pada teks Ceramah 5 menit
6 Guru mengamati dan memberi klarifikasi kepada siswa Ceramah 10 menit

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas individu untuk siswa Ceramah 5 menit - Koran
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 3 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Buku Catatan/ Buku Tulis
3. Board marker
4. Absen
5. Copyan Teks
6. Balpoin
7. koran


VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans - Uraian Bebas - Jawaban Singkat
 Bentuk : - Tugas Kelompok -Tugas Individu - pertanyaan lisan

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 14-04-2010
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran




, S. Pd
NIP. NIP.












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2x45 menit
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar : 11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Indikator : 11.1.1 Mengemukakan bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
11.1.2 Mengemukakan topic dari teks yang dibaca
11.1.3 Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek resmi dan tak resmi
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengemukakan bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
2. Mengemukakan topic dari teks yang dibaca
3. Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek resmi dan tak resmi

II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks banner, poster, pamphlet dll.
- How to Express Complaints
- How to Express Blames
- and+too, so, either, neither

III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Outdoor Learning
- Tanya Jawab

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview materi yang berkaitan dengan pokok bahasan Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- White board
- Board marker
2 Guru memberi beberapa petunjuk pembelajaran outdoor Ceramah 5 menit - Buku Tulis
- Balpoin
3 Guru dan siswa belajar diluar ruangan dengan mengidentifikasi beberapa topik yang berkaitan dengan teks Outdoor Learning 30 menit - Mading, Papan Pengumuman dll.
- Buku Tulis
- Balpoin
4 Siswa memberi tanggapan tentang kekurangan dan kelebihan teks Ceramah 10 menit
- Buku tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- absen



5 Guru memberi evaluasi terhadap pembelajaran siswa Ceramah 10 menit - Buku Catatan

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas individu untuk siswa Ceramah 5 menit - internet
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 3 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Buku Catatan/ Buku Tulis
3. Board marker
4. Absen
5. internet
6. Balpoin
7. Mading, Papan Pengumuman

VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans - Uraian Objective
 Bentuk : - Tugas Kelompok -Tugas Individu

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 14-04-2010
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran




, S. Pd
NIP. NIP.













RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 5x45 menit
Standar Kompetensi : Membaca
11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar : 11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review
Indikator : 11.2.1 Menguraikan isi cerita
11.2.2 Menguraikan kejadian dalam teks yang dibaca
11.2.3 Mengetahui saran pada sebuah review yang dibaca
11.2.4 Mengurutkan langkah-langkah retorika dari teks review/narrative
11.2.5 Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang dibaca
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Menguraikan isi cerita
2. Menguraikan kejadian dalam teks yang dibaca
3. Mengetahui saran pada sebuah review yang dibaca
4. Mengurutkan langkah-langkah retorika dari teks review/narrative
5. Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang dibaca

II. POKOK-POKOK MATERI
 Teks lisan berbentuk narrative
 Teks lisan berbentuk review
 Complex sentences
 Relative clause
 Attitude Expression

III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah - Tanya Jawab
- Outdoor Learning - Discuss Together

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview materi yang berkaitan dengan pokok bahasan Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- White board
- Board marker
2 Guru memberi beberapa petunjuk pembelajaran outdoor Ceramah 5 menit - Buku Tulis
- Balpoin
3 Guru dan siswa belajar diluar ruangan dengan mengidentifikasi beberapa topik yang berkaitan dengan teks Outdoor Learning 20 menit - Mading, Papan Pengumuman dll.
- Buku Tulis
- Balpoin
4 Secara berkelompok Siswa berdiskusi tentang teks di tinjau dari berbagai aspek Discuss Together 20 menit
- Buku tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- Buku Tulis



5 Guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi siswa Ceramah 10 menit - Buku Catatan

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas individu untuk siswa Ceramah 5 menit - internet
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 3 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Buku Catatan/ Buku Tulis
3. Board marker
4. Mading, Papan Pengumuman
5. internet
6. Balpoin

VI. Penilaian
 Instrumen : - Uraian Bebas - Uraian Objective
 Bentuk : - Tugas Individu -Tugas Kelompok

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 14-04-2010
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran




, S. Pd
NIP. NIP.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 5x45 menit
Standar Kompetensi : Menulis
12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :12.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Indikator : 12.1.1 Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
12.1.2 Menulis gagasan utama
12.1.3 Mengelaborasi gagasan utama
12.1.4 Membuat draft, merevisi dan menyuting
12.1.5 Menghasilkan teks fungsional pendek resmi dan tak resmi

I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
2. Menulis gagasan utama
3. Mengelaborasi gagasan utama
4. Membuat draft, merevisi dan menyuting
5. Menghasilkan teks fungsional pendek resmi dan tak resmi

II. POKOK-POKOK MATERI
 Teks lisan berbentuk narrative
 Teks lisan berbentuk review
 Complex sentences
 Relative clause
 Attitude Expression

III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah - Tanya Jawab
- writing individual + madding - Discuss Together

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview materi yang berkaitan dengan pokok bahasan Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- White board
- Board marker
2 Guru memberi tugas pada siswa untuk membuat teks narrative da review Ceramah 5 menit - Buku Tulis
- Balpoin
3 Siswa menulis teks dan menempelkan hasilnya pada madding kelas Writing + madding 20 menit - Mading, Papan Pengumuman dll.
- Buku Tulis
- Balpoin
4 Guru dan siswa berdiskusi mengenai hasil karya siswa Discuss Together 20 menit
- Buku tulis
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- Buku Tulis



5 Guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi siswa Ceramah 10 menit - Buku Catatan

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas kelompok untuk siswa Ceramah 5 menit - Buku Panduan
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 3 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Buku Catatan/ Buku Tulis
3. Board marker
4. Mading, Papan Pengumuman
5. internet
6. Balpoin

VI. Penilaian
 Instrumen : - Uraian Bebas - Performans
 Bentuk : - Tugas Kelompok -Tugas Individu

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 14-04-2010
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran




, S. Pd
NIP. NIP.















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menulis
10. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar : 10.2 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari


Indikator : 10.2.1 Mengidentifikasi organisasi teks recount
: 10.2.2 Menemukan makna tersurat dari teks recount
: 10.2.3 Menemukan makna tersirat dari teks recount
: 7.1.4 Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi organisasi teks recount
2. Menemukan makna tersurat dari teks recount
3. Menemukan makna tersirat dari teks recount
4. Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks Recount
- Adverb
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Index Card Sort
- Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
NO. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit - Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- Internet
2&3 Guru memberi petunjuk siswa untuk menunjukkan makna tersurat dan tersirat dari teks recount yang berada di buku Ceramah Tanya Jawab 15 menit
Guru memberikan evaluasi dari tugas siswa Ceramah
10 menit
4 Guru membagikan potongan kertas berisi macam –macam adverb kepada siswa Caramah 2 menit Potongan kertas
- Kertas plano
- Double tip
-Bord marker


Guru menyuruh siswa menidentifikasi adverb dari sebuah kalimat pada masing-masing siswa Card sort 15 menit Potongan kertas plano
Guru meminta siswa untuk menempelkan potongan-potongan kertas tersebut sesuai kriterianya Card sort 10 menit
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 3 menit

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Guru memberi tugas kelompok dan individu untuk siswa Ceramah 2 menit Internet
Majalah/Koran
LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 3 menit

V. Sumber / Bahan / Alat
1. Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
2. Internet
3. LKS
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin
VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Tugas Individu
 Bentuk : - Uraian objektif
VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 Lembar Instrumen Perekam Kegiatan Pembelajaran
Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 4x45 menit
Standar Kompetensi : Menulis
12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar :12.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review

Indikator : 12.2.1 Mengoperasikan kalimat penilaian dalam menulis review
12.2.3 Membuat teks berbentuk narrative
12.2.3 Membuat teks berbentuk review
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengoperasikan kalimat penilaian dalam menulis review
2. Membuat teks berbentuk narrative
3. Membuat teks berbentuk review

II. POKOK-POKOK MATERI

 Teks lisan berbentuk narrative
 Teks lisan berbentuk review
 How to Express Stance
 Passive Sentences
 How to Discuss Possibilities
 How to Express Curiosity


III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah - Tanya Jawab
- watching film - Discuss Together

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview materi yang berkaitan dengan pokok bahasan Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1
Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 10 menit
- Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
- White board
- Board marker
2 Guru memutar film narrative Watching film 40 menit - CD
- TV/ Computer
3 Siswa mereview film narrative secara detail Writing 10 menit
- Buku Tulis
- Balpoin
5 Guru memberi evaluasi terhadap hasil diskusi siswa Ceramah 10 menit - Buku Catatan

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. Deskripsi kegiatan Strategi yang digunakan Waktu Sumber, bahan, alat yang digunakan
1 Guru memberi tugas individu untuk siswa Ceramah 5 menit - internet/CD
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 3 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 2 menit

V. Sumber / Bahan / Alat

1. Buku Bahasa Inggris kelas XII ”Interlanguage”,Joko Priyana dkk, Penerbit Pusat perbukuaan; DikNas, 2008
2. Buku Catatan/ Buku Tulis
3. Board marker
4. CD
5. TV/Computer
6. Balpoin

VI. Penilaian
 Instrumen : - Uraian Bebas - Uraian Objective - Portofolio
 Bentuk : - Unjuk Kerja - Tugas Kelompok -Tugas Individu

VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 KKM
Mengetahui, Ponorogo, 14-04-2010
Kepala Sekolah




Guru Mata Pelajaran




, S. Pd
NIP. NIP.
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menulis
10. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar 10. 1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


Indikator : 10.2.1 Mengidentifikasi organisasi teks recount
: 10.2.2 Menemukan makna tersurat dari teks recount
: 10.2.3 Menemukan makna tersirat dari teks recount
: 7.1.4 Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi organisasi teks recount
2. Menemukan makna tersurat dari teks recount
3. Menemukan makna tersirat dari teks recount
4. Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks Recount
- Adverb
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Index Card Sort
- Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
NO. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit - Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- Internet
2&3 Guru memberi petunjuk siswa untuk menunjukkan makna tersurat dan tersirat dari teks recount yang berada di buku Ceramah Tanya Jawab 15 menit
Guru memberikan evaluasi dari tugas siswa Ceramah
10 menit
4 Guru membagikan potongan kertas berisi macam –macam adverb kepada siswa Caramah 2 menit Potongan kertas
- Kertas plano
- Double tip
-Bord marker


Guru menyuruh siswa menidentifikasi adverb dari sebuah kalimat pada masing-masing siswa Card sort 15 menit Potongan kertas plano
Guru meminta siswa untuk menempelkan potongan-potongan kertas tersebut sesuai kriterianya Card sort 10 menit
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 3 menit

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Guru memberi tugas kelompok dan individu untuk siswa Ceramah 2 menit Internet
Majalah/Koran
LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 3 menit

V. Sumber / Bahan / Alat
1. Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
2. Internet
3. LKS
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin
VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Tugas Individu
 Bentuk : - Uraian objektif
VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 Lembar Instrumen Perekam Kegiatan Pembelajaran
Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116























































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : XII / 2 (Genap)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Menulis
10. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esei sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar 10. 1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari


Indikator : 10.2.1 Mengidentifikasi organisasi teks recount
: 10.2.2 Menemukan makna tersurat dari teks recount
: 10.2.3 Menemukan makna tersirat dari teks recount
: 7.1.4 Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi organisasi teks recount
2. Menemukan makna tersurat dari teks recount
3. Menemukan makna tersirat dari teks recount
4. Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks Recount
- Adverb
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Index Card Sort
- Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
NO. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan

B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit - Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- Internet
2&3 Guru memberi petunjuk siswa untuk menunjukkan makna tersurat dan tersirat dari teks recount yang berada di buku Ceramah Tanya Jawab 15 menit
Guru memberikan evaluasi dari tugas siswa Ceramah
10 menit
4 Guru membagikan potongan kertas berisi macam –macam adverb kepada siswa Caramah 2 menit Potongan kertas
- Kertas plano
- Double tip
-Bord marker


Guru menyuruh siswa menidentifikasi adverb dari sebuah kalimat pada masing-masing siswa Card sort 15 menit Potongan kertas plano
Guru meminta siswa untuk menempelkan potongan-potongan kertas tersebut sesuai kriterianya Card sort 10 menit
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 3 menit

C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Guru memberi tugas kelompok dan individu untuk siswa Ceramah 2 menit Internet
Majalah/Koran
LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan

3 Doa dan salam 3 menit

V. Sumber / Bahan / Alat
1. Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
2. Internet
3. LKS
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin
VI. Penilaian
 Instrumen : - Performans -Tugas Individu
 Bentuk : - Uraian objektif
VII. Lampiran
 Hand out materi
 Instrumen Penilaian
 Lembar Instrumen Perekam Kegiatan Pembelajaran
Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong



DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II



ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116

Tidak ada komentar:

Pengikut