RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Kamis, 25 Juni 2009

Kecerdasan Anak Tergantung Stimulasi Lingkungannya

Pola belajar yang diterapkan pada anak usia dini tidaklah sama dengan pola belajar pada anak usia sekolah dasar ke atas. Salah satu strategi pengajarannya adalah melalui pendidikan karakter secara holistik.

Hal itu diutarakan oleh Halimah, seorang pemerhati pendidikan anak usia dini (PAUD), Rabu (3/6) di Gresik, Jawa Timur. Halimah mengatakan, pola pendidikan tersebut melibatkan tiga aspek, yaitu mengetahui, mencintai, dan melakukan kebajikan pada anak-anak usia dini.

Menurut Halimah, program pendidikan pada anak usia dini menyangkut kemampuan tenaga pendidik. Tenaga pendidik merupakan sumber belajar dalam memahami pola belajar dan melaksanakan kegiatan belajar-mengajar.

Halimah menambahkan, semua aspek perkembangan kecerdasan anak, baik motorik kasar, motorik halus, kemampuan non-fisik, maupun kemampuan spiritualnya dapat berkembang secara pesat apabila memperoleh stimulasi lingkungan secara cukup.

"Perkembangan yang terjadi pada usia dini sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak selanjutnya," kata Halimah, yang juga mengasuh TK Mahkota di Gresik.

Tidak ada komentar:

Pengikut