RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Senin, 06 Juli 2009

Kanker dan Kekerasan pada Anak Berkaitan

Kekerasan terhadap anak ternyata tak hanya menimbulkan trauma psikologis tapi juga berdampak pada kesehatannya. Anak-anak korban kekerasan fisik beresiko terserang kanker di usia dewasa. Begitu menurut studi yang dilakukan para ahli di Kanada.

Para ahli dari Universitas Toronto, Kanada, menyimpulkan 49 persen orang dewasa yang terkena kanker kebanyakan mengalami kekerasan fisik saat anak-anak. Faktor penilaian dalam studi yang dilakukan tersebut melihati kesehatan, tekanan pada masa kanak-kanak, status sosial ekonomi di usia dewasa, dan gaya hidup yang meliputi kebiasaan merokok, minum alkohol, dan kurang olahraga. Namun hubungan antara kekerasan di masa anak-anak dan risiko kanker tetap signifikan.

"Hal ini bisa diteliti lebih lanjut di masa depan untuk mencari tahu disfungsi produksi kortisol, hormon yang membantu kita untuk bertahan atau menyerah, dalam kaitan antara kekerasan dan kanker," kata Sarah Brennenstuhl, asisten peneliti.

AN
Sumber : healthdaynews

Tidak ada komentar:

Pengikut