RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Rabu, 27 Januari 2010

10 Momen Luar Biasa Saat Kehamilan

Hamil adalah pengalaman luar biasa yang mengalahkan semua perasaan yang pernah Anda alami. Anda pun bertekad untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin, dengan membaca buku-buku kehamilan dan bertanya pada teman-teman atau keluarga yang sudah pernah mengalami. Namun terkadang, masih saja ada beberapa fakta tentang kehamilan yang luput dari pengetahuan Anda.

1. Rasanya aneh ketika seseorang mengelus atau meraba perut Anda. Saat kita mengelus atau menggaruk-garuk lembut perut di saat kehamilan, hal ini merupakan bagian dari baby bonding antara bayi dan si ibu. Ataupun ketika secara spontan Anda akan mengelus-elus perut tanpa suatu maksud tertentu. Namun jika yang melakukan orang lain, bahkan mertua atau saudara sekalipun, rasanya pasti amat aneh. Tak jarang elusan atau sentuhan di perut itu terasa amat tidak nyaman untuk Anda.

2. Anda akan terbangun tujuh kali dalam semalam untuk buang air kecil. Hal ini juga terjadi pada perempuan yang punya kebiasaan tidur nyenyak, atau yang tidak punya kecenderungan terbangun pada malam hari sekali pun.

3. Apapun yang Anda pakai, salep, losion, dan krim untuk menghilangkan stretch mark, tetap saja tidak berhasil. Stretch mark akan tetap terlihat pada trimester ketiga. Hayo, tahan agar tangan Anda tidak terus menggaruk kulit perut yang terasa menegang.

4. Kehamilan membuat payudara lebih sensitif. Karena perubahan hormon, payudara mulai terisi susu, dan puting susu menjadi lebih sensitif dan mudah memar. Bahkan terkadang mandi dengan air dari shower bisa membuat payudara terasa ditusuk-tusuk karena tetesan air dari pancuran.

5. Terkadang timbul bercak merah yang besar di seluruh tubuh. Pada beberapa kasus kehamilan terdapat penyakit yang disebut Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan dan kemerahan pada kulit yang menyebar ke seluruh tubuh.

6. Rasanya ingin memeluk dokter yang memberikan Anda suntikan epidural untuk mengurangi rasa sakit akibat kontraksi menjelang persalinan. Mungkin Anda berkeras tidak ingin ada obat-obatan penghilang rasa sakit ketika kontraksi. Namun ketika rasa sakit itu sudah tidak tertahankan, dan dokter yang menyuntikkan epidural, Anda akan memandang dokter seperti dewa penyelamat.

7. Mual-muntah setiap saat pada trimester pertama kehamilan. Bahkan Anda merasa ingin mati saja karena setiap saat merasa ingin muntah. Nikmati saja momen ini, karena mual dan muntah (morning sickness) itu akan menghilang di trimester kedua.

8. Kehilangan akses untuk minum kopi yang menjadi kebiasaan di pagi hari, keju, ataupun sushi. Kenapa? Tentunya Anda ingin bayi Anda menjadi lebih sehat. Sushi (yang menggunakan ikan mentah) bisa meningatkan resiko penyakit toksoplasma. Kopi hanya akan membuat perut terasa kembung, dan meningkatkan frekuensi ke kamar mandi.

9. Anda akan terbiasa dengan ritual pemeriksaan vagina, payudara, perut, dan lain-lain. Padahal mungkin dulu Anda sangat anti pergi ke dokter, bahkan ketika Anda mengalami flu berat, keputihan, atau sakit kepala berkepanjangan.

10. Membiasakan lagi melakukan hubungan seks dengan suami. Pada sebagian perempuan, trauma melahirkan membuat mereka anti dengan hubungan intim yang dalam pikiran mereka membuat mereka hamil lagi, dan berjuang antara hidup dan mati saat persalinan. Sedikitnya, Anda akan butuh waktu 4 minggu setelah hubungan seks pertama paska melahirkan, untuk benar-benar bisa menikmati seks.

Tidak ada komentar:

Pengikut