RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Rabu, 06 Januari 2010

Buah Delima Bantu Perangi Kanker Payudara

Mengkonsumsi buah delima atau meminum jusnya ternyata mampu membantu mencegah dan mengurangi beberapa tipe kanker payudara. Melalui sebuah penelitian, ditemukan bahwa buah delima memiliki kandungan phytochemicals yang disebut ellagitannin dalam jumlah banyak. Kandungan tersebut mampu mengurangi perkembangan sel kanker payudara yang responsif terhadap estrogen.

“Phytochemicals ini mengurangi produksi estrogen yang mencegah perkembangbiakan sel kanker payudara dan tumor yang merespon estrogen," ujar peneliti Shiuan Chen, PhD, direktur divisi Tumor Cell Biology dan Breast Cancer Research Program at City of Hope in Duarte, California.

Menurut para peneliti ini, ellagitannin dalam buah delima bekerja dengan menghambat aromatase, enzim kunci yang digunakan tubuh untuk memproduksi estrogen, dan memiliki peran kunci pada perkembangan kanker payudara.

Buah delima mulai dilirik oleh para peneliti dan kalangan akademisi atas kandungan antioksidannya yang tinggi. Bahkan dipercaya juga bisa membantu mencegah penyakit jantung atas kandungannya tersebut. Namun, ini masih penelitian awal mengenai efek aromatase dan pertumbuhan kanker payudara tersebut.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar bisa menentukan bahwa mengkonsumsi produk-produk yang dihasilkan oleh buah delima bisa memberikan efek membahagiakan yang sama pada manusia sebagaimana hasil pada penelitian.

"Penelitian lebih lanjut mengenai komponen individual dan kombinasi dari zat kimiawi masih dibutuhkan untuk mengerti risiko potensial dari menggunakan jus delima atau zat lain sebagai pencegahan atas kanker," ujar Powel Brown, MD, PhD, kepala peneliti departemen pencegahan kanker di University of Texas M.D. Anderson Cancer Center. Namun, tak ada salahnya untuk mulai mengkonsumsi buah delima untuk membantu mencegah kemungkinan terkena kanker payudara atau kanker lainnya. Lagipula kandungan antioksidannya pun bisa membantu merawat kesehatan, kan?

Tidak ada komentar:

Pengikut