RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Rabu, 20 Januari 2010

KTSP TK JAMBON

KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
TAMAN KANAK KANAK PGRI JAMBON
































DESA JAMBON, KECAMATAN JAMBON
KABUPATEN PONOROGO




LEMBAR PENGESAHAN



Kurikulum TK PGRI Jambon Kec. Jambon Kab. Ponorogo
Ditetapkan untuk diberlakukan mulai
2009/2010














Ditetapkan di : Jambon
Tanggal : 30 Juli 2009



Ketua Komite Kepala
TK PGRI Jambon TK PGRI Jambon



SENEN UNIYAH
NIP: 196408101986032025



Mengetahui Pendidikan,
Kepala UPTD Kec. Jambon




Drs.Y HERU WIDODO, MM
NIP: 195605131978071004


KATA PENGANTAR


Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas seluruh rahmatNya kepada kita keluarga TK PGRI Jambon Ponorogo telah berhasil menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk dapat kami terapkan dan dilaksanakan di tahun ajaran 2009/2010.

Ucapan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu terlaksanakannya KTSP. TK PGRI Jambon hingga seluas kepada:
1. Kepala Desa Jambon
2. Ketua dan Pengurus Komite TK PGRI Jambon
3. Kepala UPTD Pendidikan Kec. Jambon
4. Pengawas TK/SD Kec. Jambon
5. Seluruh guru TK PGRI Jambon
6. Seluruh wali murid TK PGRI Jambon
Atas bantuan moral material demi terselenggaranya Pendidikan Taman Kanak Kanak PGRI Jambon seperti yang diharapkan masyarakat. Semoga bermanfaat bagi bangsa dan negara khususnya TK PGRI Jambon Kabupaten Ponorogo.

Kami sadar bahwa masih banyak kekurangan dan kesalahan mohon kritik dan saran dalam rangka perbaikan kami sangat harapkan.






Jambon, 30 Juli 2009
Kepala TK PGRI Jambon




UNIYAH
NIP:196408101986032025









BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berakhlaq mulia, sehat jasmani rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertannggung jawab.

Taman Kanak Kanak sebagai wadah pengemblengan periode emas perkembangan intelektual anak, sebagai kancah mengeksplorasi kemampuan di pada masing-masing individu peserta didik demi memanfaatkan masa komulatif, masa penyimpanan pengalamanan bertambah terus dan akan mewarnai pada masa perkembangan selanjutnya sebagai fondasi pembentukan life skill pada masing masing individu.

Kurikulum Taman Kanak Kanak disusun sebagai pedoman pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan, sebagai acuan bagi guru dan penyelenggara pendidikan, untuk memperlancar pelaksanaan tugas dalam proses pembelajaran, mulai perencanaan pembelajaran, pelaksanan, dan penilaian hasil belajar.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Taman Kanak Kanak, sebagai implementasi dari kebijakan pemerintah tentang desentralisi pengelolaan pendidikan, disusun dan dikembangkan oleh tim yang terdiri dari unsur; kepada sekolah guru, komite sekolah, penyelenggara, UPTD pendidikan kecamatan dan nara sumber pemerhati pendidikan anak, dalam rangka untuk mengakumulasi dan menyesuaikan kebutuhan anak didik, keadaan TK, kondisi daerah, dan kemampuan masing-masing TK. Dengan demikian maka Taman Kanak Kanak memiliki kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, dengan memperhatikan pada Standart Nasional Pendidikan.

B. Landasan

Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan TK PGRI Jambon Ponorogo mengacu pada Undang Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, UU RI Nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah menuntut pelaksanaan otonomi daerah dan wawasan demokrasi dalam penyelenggaraan pendidikan, PP. Nomor 19 tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan,, Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standard Isi yang mencakup lingkup materi minimal dan tingkat kompetensi minimal yang harus dicapai peserta didik untuk menyeleseikan jenjang pendidikan tertentu.

C. Tujuan Penyusunan KTSP TK. PGRI Jambon

Adapun tujuan penyusunan KTSP TK PGRI Jambon Ponorogo adalah sebagai pedoman arah pengelolaan pembelajaran, materi, metode, pedoman evaluasi ,menyesuaikan dengan kebutuhan anak didik, keadaan TK, dan kondisi daerah, sebagai pedoman dalam melaksanakan misi Taman Kanak Kanak demi mencapai visi yang telah dirumuskan.

D. Prinsip Pengembangan KTSP TK PGRI Jambon

Kurikulum Taman Kanak Kanak PGRI Jambon Kec. Jambon Kab. Ponorogo disusun dan dikembangkan bersama sekolah dan komite TK, berpedoman pada standard kompetensi out put peserta didik, serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP. Dengan prinsip-prinsip sebagai berikut ;
• Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

KTSP, TK. PGRI. Jambon dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik sebagai sentral untuk mengembangkan kompetensi agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, beraklak mulia, sehat jasmani rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokrasi serta bertanggung jawab. Untuk itu KTSP. TK. PGRI Jambon disusun dalam rangka memfasilitasi dan mengarahkan kemampuan dan mengembangkan kemampuan anak tanpa ada pemaksaan kehendak oleh guru, dengan tidak mengabaikan masukan dan saran dari komite dan masyarakat Desa Jambon kec.Jambon Kab.Ponorogo.

• Beragam dan Terpadu

Pengembangan KTSP. TK. PGRI Jambon memperhatikan keragaman karekteristik peserta didik, kondisi daerah, jenjang pendidikan tanpa membedakan agama, suku, budaya, dan adat istiadat, serta status sosial ekonomi dan gender. Kurikulum meliputi komponen muatan wajib, muatan lokal, dan pengembangan diri secara terpadu, serta disusun dalam keterkaitan dan kesinambungan ang bermakna dan tepat.

• Tanggap terhadap ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Dengan kenyataan bahwa ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berkembang secara dinamis, maka semangat dan isi kurikulum sedapat mungkin memotivasi peserta didik untuk mengikuti dan memanfaatkan secara tepat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

• Relevan dengan kebutuhan kehidupan

Pengembangan KTSP TK PGRI Jambon dengan melibatkan tokoh Masyarakat untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan Kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha dan lapangan kerja.

• Menyeluruh dan Berkesinambungan

Isi kurikulum mencakup keseluruhan bidang kajian ilmu dan bidang pengembangan yang direncanakan dan disajikan berkesinambungan antara jenjang pendidikan.

• Belajar Sepanjang Hayat

KTSP disusun sebagai arah proses pengembangan, pembudayaan, dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat, mencerminkan keterkaitan antara pendidikan formal, non formal, dan in formal dengan memperhatikan kondisi dan tuntutan lingkungan yang selalu berkembang kearah pengembangan manusia seutuhnya.

• Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah

KTSP dikembangkan dengan memperhatikan kepentingan nasional dan kepentingan daerah untuk membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, saling mengisi sesuai semangat Bhineka Tunggal Ika dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Prinsip Pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Dalam melaksanakan KTSP TK PGRI Jambon menggunakan prinsip-prinsip sebagai berikut:
1. Melaksanakan kurikulum dengan didasarkan pada potensi, perkembangan dan kondisi peserta didik untuk menguasai kompetensi yang berguna bagi dirinya. Peserta didik harus mendapatkan pelayanan pendidikan yang bermutu serta memperoleh kesempatan untuk mengekspresikan diri secara bebas, dinamis, dan menyenangkan.
2. Melaksanakan kurikulum dengan menegakkan kelimapilar belajar, yaitu; (a) belajar untuk beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, (b) belajar memahami dan menghayati,(c) belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,(d) belajar hidup bersama dan berguna bagi orang lain,(e) belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
3. Melaksanakan kurikulum dengan memberikan pelayanan yang bersifat perbaikan, pengayaan, dan atau percepatan sesuai potensi, tahap perkembangan, dan kondisi peserta didik dengan tetap memperhatikan keterpaduan pengembangan pribadi peserta didik yang berdimensi keTuhanan, kendividuan, kesosialan dan moral.
4. Melaksanakan kurikulum dengan suasana hubungan peserta didik dan pendidik yang saling menerima dan menghargai, akrab, terbuka, dan hangat, dengan prinsip tut wuri handayani, ing ngarsa sing tuladha ing madya mangun karsa.
5. Melaksanakan kurikulum dengan pendekatan multi strategi dan multimedia, sumber belajar dan teknlogi yang memadai, dan memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar, dengan prinsip alam terkembang jadi guru (semua yang terjadi, tergelar dan berkembang dimasyarakat dan lingkungan sekitar serta alam semesta menjadi sumber belajar,contoh dan teladan).
6. Melaksanakan kurikulum dengan mendayagunakan kondisi alam, sosial dan budaya serta kekayaan daerah untuk keberhasilan pendidikan dengan muatan seluruh bahan kajian secara optimal.
7. Melaksanakan kurikulum yang mencakup seluruh komponen kompetensi bidang pengembangan, muatan lokal dan pengembangan diri dilaksanakan dengan keseimbangan, keterkaitan, dan kesinambungan yang cocok dan memadai antar kelas dan jenjang pendidikan.
























BAB II
VISI, MISI DAN TUJUAN PENDIDIKAN
TAMAN KANAK KANAK PGRI JAMBON


A. VISI

Membentuk anak menjadi sehat, cerdas, kreatif, dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

B. MISI

1. Melaksanakan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien
2. Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada
3. Menumbuhkan etos kerja profesional
4. Menciptakan suasana sekolah yang islami dan menyenangkan

C. Tujuan Pendidikan Taman Kanak Kanak PGRI Jambon

1. Membentuk pondasi kearah perkembangan moral dan menanamkan pemahaman kehidupan beragama.
2. mengembangkan kemampuan kognitif intelegensi, berbahasa, fisik, motorik dan seni pada peserta didik.
3. menyiapkan kemampuan peserta didik untuk mengikuti pendidikan selanjutnya.





















MUATAN LOKAL / EKSTRA KURIKULER

Bidang Pengembangan Standard Kompetensi Kompetensi Dasar
Bahasa dan lagu jawa Menggunakan bahasa dan lagu jawa mengapresiasikan diri dan mengembangkan komunikasi Anak mampu mendengar berkomunkasi secara lisan, berimajinasi dan memiliki perbendaharaan kata
Seni Tari Berkreasi dan menghargai karya artistik budaya, menerapkan nilai-nilai luhur untuk mengembangkan diri menuju masyarakat Anak mampu mengenal seni budaya. Mengekspresikan diri dan memperagakan
Agama Islam Mengenal bacaan dan urutan gerakan sholat Anak mampu menghafal bacaan sholat
Drum Band Berekspresi melalui alat musik Anak mampu melakukan kegiatan bersama/kelompok secara berirama


Bidang pengembangan muatan lokal dimaksud untuk merespon tuntutan masyarakat bahwa TK PGRI Jambon hendaknya dapat menghilangkan kejenuhan dalam belajar lewat tari dan lagu-lagu sambil mendengar musik.

Adapun pelaksanaan tari dilaksanakan pada pagi hari secara bersama-sama melalui senam pagi jam 07.00-07.30 WIB.
















PENGATURAN DAN BEBAN MENGAJAR

1. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester) adalah 34 minggu dan jam belajar efektif 2.5 jam (150 menit)
2. Program kegiatan belajar yang mencakup bidang pengembangan pembiasaan dan kemampuan dasar.
3. Bidang pengembangan diri mengisi 30menit sekolah jam efektif yaitu pada selasa, rabu, dan kamis dalam setiap minggu.

INDIKASI KETUNTASAN BELAJAR DAN KRITERIA KELULUSAN TK PGRI JAMBON

 Menunjukkan permahaman positif tentang diri dan percaya diri
 Menunjukkan kemampuan untuk berinteraksi dengan orang lain dan alam sekitarnya
 Menunjukkan kemampuan berpikir runtut
 Berkomunikasi efektif
 Terbiasa hidup sehat
 Menunjukkan kematangan fisik

Apabila seorang peserta didik menunjukkan indikasi di atas maka dikatakan telah mencapai ketuntasan belajar di Taman Kanak Kanak dan siap masuk Sekolah Dasar.

MODEL PEMBELAJARAN

Dalam rangka menciptakan suasana pembelajaran yang fresh dan enjoy maka di TK PGRI Jambon menerapkan model pembelajaran;

1. Model Pembelajaran kelompok
Dalam pembelajaran kelompok ada 2 kategori kelompok; 1. kelompok umur, 2 kelompok tingkat kemampuan, dalam mengelompokkan anak baik menurut umur maupun tingkat kemampuan dilaksanakan secara terprogram dan menyesuaikan dengan kebutuhan
2. Metode Pembelajaran Prasmanan
Dalam pembelajaran model prasmanan guru menyiapkan beberapa kegiatan yang sesuai dengan tema dan indikator pada hari itu dan anak dipersilahkan memilih sesuai kegiatan yang dikehendaki, dengan catatan guru memberi motivasi agar semua anak mau mengerjakan sesuai semua bidang pengembangan.
3. Metode Pembelajaran Kontekstual
Dalam pembelajaran kontekstual diharapkan anak akan lebih berkesan bila mengalami sendiri bukan hanya mengetahui, untuk itu sekali waktu anak diajak mempelajari/mengenali, lingkungan, tanaman, binatang, atau keobyek lain yang sesuai dengan tema pada hari itu.

HASIL RAPAT WALI MURID TANGGAL 30 JULI 2009

1) Makan bersama naik menjadi Rp 750 ,00 per hari. Dicarikan guru masak disekolahan sisa uang makan untuk biaya tukang masak
2) SPP yang dulu Rp 1.300 ,00 menjadi Rp 15.000,00 dan uang majalah Rp 3.000,00 di bayar paling lambat tanggal 10 tiap bulannya.
3) Uang bangunan TK yang baru Rp 40.000,00 dan yang lama Rp 20.000,00 dibayar bulan Desember atau diambilkan uang tabungan.
4) Usulan wali murid minta untukmemohon bantuan kepada Desa Jambon untuk menambah keuangan TK.
5) Kegiatan outbond diadakan setiap 3 bulan sekali
6) Tutup tahun menggadakan panggung gembira




Komite TK Jambon, 30 Juli 2009
Kepala TK




SENEN UNIYAH
NIP:196408101986032025






















Lampiran 2 : Surat Keputusan
Kepala TK PGRI Jambon
Kab. Ponorogo
No: 421.1/14/405:43.09/TK/VIII/09


SUSUNAN PENGURUS KOMITE
TK PGRI JAMBON
KAB. PONOROGO

No. NAMA JABATAN KETERANGAN
1 SENEN Ketua I Tokoh Masyarakat
2 MUKLAS Ketua II Wali Murid
3 RAHARDIANTI Sekretaris I Wali Murid
4 DWI FAGUSTIANA SARI Seketaris II Wali Murid
5 SITI MUALIFAH Bendahara I Wali Murid
6 SUHARIYATI Bendahara II Wali Murid
7 SURARDI Pembantu 1 Wali Murid
8 MOH.SURURI Pembantu 2 Wali Murid
9 SAIMAN Pembantu 3 Wali Murid
10 SUDARNU Pembantu 4 Wali Murid
11 SUPARTUN 5 Pembantu Wali Murid



Ditetapkan Di Jambon
Pada tanggal 30 Juli 2009
Kepala TK



UNIYAH
NIP:196408101986032025

Tidak ada komentar:

Pengikut