RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
BERBASIS PTK
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 1(Gasal)
Satuan Pendidikan : SMAN 1 Babadan Ponorogo
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi : Membaca
5.Memahami makana teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
Kompetensi Dasar : 5.2 merespon makna dan langkah retorika teks tulis esai secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk : recount, narrative, dan procedure
Indikator : 5.2.1 Mengidentifikasi organisasi teks recount
: 5.2.2 Menemukan makna tersurat dari teks recount
: 5.2.3 Menemukan makna tersirat dari teks recount
: 5.2.4 Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
I. TUJUAN
Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa mampu :
1. Mengidentifikasi organisasi teks recount
2. Menemukan makna tersurat dari teks recount
3. Menemukan makna tersirat dari teks recount
4. Mengidentifikasi adverb dalam sebuah kalimat
II. POKOK-POKOK MATERI
- Teks Recount
- Adverb
III. METODE PEMBELAJARAN
- Ceramah
- Index Card Sort
- Tanya Jawab
IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
A. Kegiatan Awal
Waktu : 10 menit
NO. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Apersepsi (Salam, membaca doa dan mengabsen) Ceramah 5 menit Absensi, pena
2 Mereview mata pelajaran minggu lalu Ceramah dan Tanya jawab 3 menit Buku panduan
3 Mendeskripsikan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa Ceramah 2 menit RPP dan buku panduan
B. Kegiatan Inti
Waktu : 70 menit
No. Deskripsi Kegiatan Pembelajaran Strategi Waktu Sumber Bahan / Alat/yang digunakan
1 Guru menjelaskan materi di depan kelas Ceramah 15 menit - Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
- Internet
2&3 Guru memberi petunjuk siswa untuk menunjukkan makna tersurat dan tersirat dari teks recount yang berada di buku Ceramah Tanya Jawab 15 menit
Guru memberikan evaluasi dari tugas siswa Ceramah
10 menit
4 Guru membagikan potongan kertas berisi macam –macam adverb kepada siswa Caramah 2 menit Potongan kertas
- Kertas plano
- Double tip
-Bord marker
Guru menyuruh siswa menidentifikasi adverb dari sebuah kalimat pada masing-masing siswa Card sort 15 menit Potongan kertas plano
Guru meminta siswa untuk menempelkan potongan-potongan kertas tersebut sesuai kriterianya Card sort 10 menit
Guru memberikan klarifikasi terhadap jawaban siswa. Ceramah 3 menit
C. Penutup
Waktu : 10 menit
No. DESKRIPSI KEGIATAN STRATEGI YANG DIGUNAKAN WAKTU SUMBER, BAHAN, ALAT YANG DIGUNAKAN
1 Guru memberi tugas kelompok dan individu untuk siswa Ceramah 2 menit Internet
Majalah/Koran
LKS
2 Guru memberi kesimpulan dan motivasi siswa Ceramah 5 menit Buku Catatan
3 Doa dan salam 3 menit
V. Sumber / Bahan / Alat
1. Buku Bahasa Inggris kelas I ”Look Ahead”,Th.M. Sudarwatidan Eudia Grace,Penerit Erlangga,2006
2. Internet
3. LKS
4. Board marker
5. Buku Tulis
6. Balpoin
VI. Penilaian
Instrumen : - Performans -Tugas Individu
Bentuk : - Uraian objektif
VII. Lampiran
Hand out materi
Instrumen Penilaian
Lembar Instrumen Perekam Kegiatan Pembelajaran
Mengetahui, Ponorogo, 07-11-2009
Guru Pamong
DIANA FINITA, S. Pd Mahasiswa PPLK II
ISNA MARATUS SHOLIKHAH
NIP. 19700619 200701 2 015 NIM. 249 062 116
Manfaat ginseng
-
Manfaat ginseng sebagai tanaman berkhasiat obat TOGA tidak diragukan lagi.
Ginseng adalah tanaman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.
Karena kay...
12 tahun yang lalu
1 komentar:
RPP PTK_nya kok gak da Tindakan dan Pengamatannya itu gimna sich Bu...?. Apa emng sperti itu RPP PTK itu?
Posting Komentar