SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN BERDASARKAN KTSP (SISKO 2006)
Nama sekolah : SMA 1 Babadan Kelas/Semester : XII / Genap
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Alokasi Waktu : 48x45 menit
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber /Bahan /Alat
Jenis tagihan Bentuk Instrumen
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
a. Memahami tindak tutur membujuk, mendorong semangat
b. Merespon tindak tutur membujuk, mendorong semangat
c. Memahami tindak tutur mengkritik
d. Merespon tindak tutur mengkritik
e. Memahami tindak tutur mengungkapkan harapan
f. Merespon tindak tutur mengungkapkan harapan
g. Memahami tindak tutur mencegah
h. Merespon tindak tutur mencegah
Membujuk, mendorong semangat
mis: x: Would it be possible for you to…?
y: I’ll consider that
Mengkritik
mis: x: I think you’d better store looking for a new job
y: I’m glad you bring that up…
Mengungkapkan harapan
mis; x: I wish you luck
y: many thank’s
Mencegah
Mis. x: I wouldn’t take the risk if I were in your position
Y: Thank’s for telling me
a. Mendengarkan percakapan interpersonal dan transaksional melalui CD/ kaset secara klasikal
b. Berpasangan mendiskusikan bentuk teks percakapan interpersonal dan transaksional
c. Mendiskusikan respon yang disampaikan serta mencari contoh lainnya sesuai teks yang didengar
Pertanyaan lisan
Tugas individu
Tes Tertulis Uraian objektif
Uraian bebas
Menjodohkan
1x45
2x45
1x45 Kaset/CD
OHP
Tape
www.englishdaily626.com
www.esl-lab
TV
Berbicara
9.Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah
a. Mengemukakan tindak tutur membujuk, mendorong semangat
b. Mengemukakan tindak tutur mengkritik
c. Mengemukakan tindak tutur mengungkapkan harapan
d. Mengemukakan tindak tutur mencegah a. Medemonstrasikan tindak tutur dan responnya secara berpasangan kedepan kelas secara bergantian
b. Menyimak tindak tutur dalam tv yang digunakan sehari-hari
Ujian lesan
Pertanyaan
Lesan
Tugas kelompok Uraian bebas
Performans
Uraian objektif 2x45
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari
7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
a. Menganalisis tindak tutur menyesali
b. Menanggapi tindak tutur menyesali
c. Menganalisis tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
d. Menanggapi tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
e. Menganalisis tindak tutur memprediksi, berspekulasi
f. Menanggapi tindak tutur memprediksi, berspekulasi
g. Menganalisis tindak tutur memberikan penilaian
h. Menanggapi tindak tutur memberikan penilaian Menyesali;
mis;x: I admit I was wrong
y: I told you but you wouldn’t listen
Mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud
mis; x: What is your plan?
y: my plan is…
Memprediksi, berspekulasi
mis; x: What is your speculate to…
y: It seems to me very well
memberikan penilaian
mis;x: you did a good value!
Y: Thanks you.
a. Melakukan studi pustaka untuk menganalisis berbagai ungkapan menyesali/mengungkapkan/menyatakan rencana,tujuan,maksud;memprediksi/spekulasi dan memberikan penilaian beserta responnya secara berkelompok
b. Menanggapi ungkapan secara berkelompok
c. Mendengarkan percakapan transaksional melalui CD/Kaset secara klasikal
d. Merespon percakapan transaksional
Ujian lesan
Pertanyaan lesan Uraian objektif
Performans 2x45
2x45 TV
CD
Kaset
Buku bacaan
www.englishdaily626.com
www.esl-lab
Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian a. Mengungkapkan menyesali
b. Mengungkapkan tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
c. Mengungkapkan memprediksi, berspekulasi
d. Mengungkapkan memberikan penilaian a. Bermain peran secara berkelompok
b. Mendiskusikan hasil kelompok bersama-sama Praktek
Ujian lesan Performans
Uraian bebas 3x45
1x45
Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
a. Mengidentifikasi topik teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
b. Menidentifikasi informasi tertentu teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
b. Merespon tujuan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi Teks lisan banner, poster, pamphlet dll
a. Mendengarkan berbagai jenis iklan secara klasikal
b. Mendiskusikan tujuan dan isi iklan secara berpasangan
c. Membuat sebuah iklan yang akan disampaikan secara lisan Kuis
Ujian lesan
Tugas individu
Performans
Uraian objektif
Uraian bebas 3x45 Tv
CD
Buku panduan
www.englishdaily626.com
www.esl-lab
Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
a. Menerapkan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi secara lisan
b. Mengidentikasi tema teks pendek resmi dan tak resmi menggunakan bahasa lisan
a. Menyampaikan sebuah iklan didepan kelas secara individu
b. Menganalisis teks yang dibuat secara bersama-sama Ujian lesan
Tes tertulis Uraian objektiv
Portofolio 2x45 menit
Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
a. Menemukan tokoh dari cerita yang didengar
b. Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
c. menganalisis penilaian tentang film/ song/ novel teks yang didengar
d. Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang didengar Teks lisan berbentuk narrative
Teks lisan berbentuk review
a. Mendengarkan teks narrative/review yang disampaikan seseorang
b. Mendiskusikan informasi, struktur, dan discourse dari teks yang didengar
c. Menonton sebuah film secara klasikal untuk memahami maksud cerita
d. Mendiskusikan dalam kelompok untuk memberi review secara menyeluruh terhadap film yang disimak atau terhadap maksud ceritanya. Kuis
Tugas kelompok
Tugas individu Performans
Uraian bebas
Uraian objektif
6x45 Englishcnology.an
English online
CD/Kaset
Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
a. Menggunakan kalimat penilaian dalam menyampaikan sebuah review
b. Melakukan monolog berbentuk narrative
c. Melakukan monolog berbentuk review
d. Bercerita dengan bahasa lisan a. Menyampaikan cerita film atau penilaian terhadap film secara sambung menyambung oleh setiap anggota kelompok
b. Menanggapi kekurangan kelebihan cerita yang disampaikan secara berkelompok Tugas kelompok
Tugas individu
Pertanyaan
lisan Performans
Uraian bebas
Jawaban singkat 2x45
Membaca
11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
a. Mengemukakan bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
b. Mengemukakan topic dari teks yang dibaca
c. Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek resmi dan tak resmi Teks banner, poster, pamphlet dll. a. Studi pustaka untuk menidentifiksi berbagai banner, poster, pamphlet secara berkelompok
b. Mendiskusikan secara kelompok informasi, struktur, dan discourse dari banner, poster, pamphlet yang dibaca Tugas kelompok
Tugas individu
Ter tertulis Uraian objektif
Performans
Uraian objektif 2x45 Jakarta post
Hello magazine
Esolonline
English K-6 modules Board of studi New South Wales
Menulis
12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
a. Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
b. Menulis gagasan utama
c. Mengelaborasi gagasan utama
d. Membuat draft, merevisi dan menyuting
e. Menghasilkan teks fungsional pendek resmi dan tak resmi
a. Membuat banner, poster, pamphlet secara individu
b. Mempublikasikan dikelas masing-masing Tugas individu
Tugas kelompok
Performans
Uraian bebas 2x45
Membaca
11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review a. Menguraikan isi cerita
b. Menguraikan kejadian dalam teks yang dibaca
c. Mengetahui saran pada sebuah review yang dibaca
d. Mengurutkan langkah-langkah retorika dari teks review/narrative
e. Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang dibaca Teks lisan berbentuk narrative
Teks lisan berbentuk review
Complex sentences
Relative clause
Attitude Expression
a. Studi pustaka untuk mengetahui isi cerita, kejadian, saran, langkah-langkah retorika serta tujuan komunikasi teks yang dibaca secara berkelompok
b. Mendiskusikan berbagai aspek dari teks dengan kelompok
c. Mendiskusikan secara klasikal bentuk kalimat penilaian dan kalimat kompleks Tugas kelompok
Pertanyaan lisan
Tugas individu Uraian objektif
Uraian objektif
Uraian bebas
5x45 Buku Panduan{ Eudia Grace, Th.M. Sudarwati. Look Ahead_For Senior High School Student Year X. Jakarta: Erlangga.
Jakarta post
Hello magazine
Esolonline
CD/Kaset
Menulis
12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review
a. Mengoperasikan kalimat penilaian dalam menulis review
b. Membuat teks berbentuk narrative
c. Membuat teks berbentuk review a. Menonton sebuah film secara klasikal untuk memahami isi cerita
b. Memberikan review secara menyeluruh terhadap film yang ditonton dalam kelompok
c. Membuat sebuah narrative/review secara individu
Unjuk kerja
Tugas kelompok
Tugas individu
Uraian bebas
Uraian objektiv
Portofolio
4x45
Manfaat ginseng
-
Manfaat ginseng sebagai tanaman berkhasiat obat TOGA tidak diragukan lagi.
Ginseng adalah tanaman yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.
Karena kay...
12 tahun yang lalu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar