RemembeR

" hidup sekali, hiduplah yang berarti"

Mengenai Saya

Foto saya
Allow cendekiawan baru, ktemu dengan aq dlm blog ini. q asli reog city.blog ini berisi secara keseluruhan tentang pengetahuan. harapanq bermanfaat wuat QM-QM

Kamis, 07 Januari 2010

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN BERDASARKAN KTSP (SISKO 2006)

SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN BERDASARKAN KTSP (SISKO 2006)

Nama sekolah : SMA 1 Babadan Kelas/Semester : XII / Genap
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris Alokasi Waktu : 48x45 menit

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Materi Kegiatan Pembelajaran Penilaian Alokasi Waktu (menit) Sumber /Bahan /Alat
Jenis tagihan Bentuk Instrumen
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari




7.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah
a. Memahami tindak tutur membujuk, mendorong semangat
b. Merespon tindak tutur membujuk, mendorong semangat
c. Memahami tindak tutur mengkritik
d. Merespon tindak tutur mengkritik
e. Memahami tindak tutur mengungkapkan harapan
f. Merespon tindak tutur mengungkapkan harapan
g. Memahami tindak tutur mencegah
h. Merespon tindak tutur mencegah
 Membujuk, mendorong semangat
mis: x: Would it be possible for you to…?
y: I’ll consider that
 Mengkritik
mis: x: I think you’d better store looking for a new job
y: I’m glad you bring that up…
 Mengungkapkan harapan
mis; x: I wish you luck
y: many thank’s
 Mencegah
Mis. x: I wouldn’t take the risk if I were in your position
Y: Thank’s for telling me



a. Mendengarkan percakapan interpersonal dan transaksional melalui CD/ kaset secara klasikal
b. Berpasangan mendiskusikan bentuk teks percakapan interpersonal dan transaksional
c. Mendiskusikan respon yang disampaikan serta mencari contoh lainnya sesuai teks yang didengar




Pertanyaan lisan

Tugas individu

Tes Tertulis Uraian objektif

Uraian bebas

Menjodohkan
1x45





2x45




1x45 Kaset/CD

OHP

Tape

www.englishdaily626.com

www.esl-lab

TV













Berbicara
9.Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah
a. Mengemukakan tindak tutur membujuk, mendorong semangat
b. Mengemukakan tindak tutur mengkritik
c. Mengemukakan tindak tutur mengungkapkan harapan
d. Mengemukakan tindak tutur mencegah a. Medemonstrasikan tindak tutur dan responnya secara berpasangan kedepan kelas secara bergantian
b. Menyimak tindak tutur dalam tv yang digunakan sehari-hari
Ujian lesan

Pertanyaan
Lesan

Tugas kelompok Uraian bebas

Performans


Uraian objektif 2x45
Mendengarkan
7. Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari

7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
a. Menganalisis tindak tutur menyesali
b. Menanggapi tindak tutur menyesali
c. Menganalisis tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
d. Menanggapi tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
e. Menganalisis tindak tutur memprediksi, berspekulasi
f. Menanggapi tindak tutur memprediksi, berspekulasi
g. Menganalisis tindak tutur memberikan penilaian
h. Menanggapi tindak tutur memberikan penilaian  Menyesali;
mis;x: I admit I was wrong
y: I told you but you wouldn’t listen
 Mengungkapkan/ menanyakan rencana, tujuan, maksud
mis; x: What is your plan?
y: my plan is…
 Memprediksi, berspekulasi
mis; x: What is your speculate to…
y: It seems to me very well
 memberikan penilaian
mis;x: you did a good value!
Y: Thanks you.
a. Melakukan studi pustaka untuk menganalisis berbagai ungkapan menyesali/mengungkapkan/menyatakan rencana,tujuan,maksud;memprediksi/spekulasi dan memberikan penilaian beserta responnya secara berkelompok
b. Menanggapi ungkapan secara berkelompok
c. Mendengarkan percakapan transaksional melalui CD/Kaset secara klasikal
d. Merespon percakapan transaksional
Ujian lesan
Pertanyaan lesan Uraian objektif
Performans 2x45












2x45 TV

CD

Kaset

Buku bacaan


www.englishdaily626.com

www.esl-lab




















Berbicara
9. Mengungkapkan makna dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari
9.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian a. Mengungkapkan menyesali
b. Mengungkapkan tindak tutur mengungkapkan /menanyakan rencana, tujuan, maksud
c. Mengungkapkan memprediksi, berspekulasi
d. Mengungkapkan memberikan penilaian a. Bermain peran secara berkelompok
b. Mendiskusikan hasil kelompok bersama-sama Praktek

Ujian lesan Performans

Uraian bebas 3x45

1x45
Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
a. Mengidentifikasi topik teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
b. Menidentifikasi informasi tertentu teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi
b. Merespon tujuan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi Teks lisan banner, poster, pamphlet dll











a. Mendengarkan berbagai jenis iklan secara klasikal
b. Mendiskusikan tujuan dan isi iklan secara berpasangan
c. Membuat sebuah iklan yang akan disampaikan secara lisan Kuis

Ujian lesan


Tugas individu
Performans

Uraian objektif

Uraian bebas 3x45 Tv

CD

Buku panduan

www.englishdaily626.com

www.esl-lab

Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
10.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
a. Menerapkan teks fungsinal pendek resmi dan tak resmi secara lisan
b. Mengidentikasi tema teks pendek resmi dan tak resmi menggunakan bahasa lisan
a. Menyampaikan sebuah iklan didepan kelas secara individu
b. Menganalisis teks yang dibuat secara bersama-sama Ujian lesan


Tes tertulis Uraian objektiv

Portofolio 2x45 menit
Mendengarkan
8. Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari
8.2 Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
a. Menemukan tokoh dari cerita yang didengar
b. Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar
c. menganalisis penilaian tentang film/ song/ novel teks yang didengar
d. Mengidentifikasi saran pada sebuah review yang didengar  Teks lisan berbentuk narrative
 Teks lisan berbentuk review










a. Mendengarkan teks narrative/review yang disampaikan seseorang
b. Mendiskusikan informasi, struktur, dan discourse dari teks yang didengar
c. Menonton sebuah film secara klasikal untuk memahami maksud cerita
d. Mendiskusikan dalam kelompok untuk memberi review secara menyeluruh terhadap film yang disimak atau terhadap maksud ceritanya. Kuis

Tugas kelompok

Tugas individu Performans

Uraian bebas


Uraian objektif
6x45 Englishcnology.an

English online

CD/Kaset

Berbicara
10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari 10.2 Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
a. Menggunakan kalimat penilaian dalam menyampaikan sebuah review
b. Melakukan monolog berbentuk narrative
c. Melakukan monolog berbentuk review
d. Bercerita dengan bahasa lisan a. Menyampaikan cerita film atau penilaian terhadap film secara sambung menyambung oleh setiap anggota kelompok
b. Menanggapi kekurangan kelebihan cerita yang disampaikan secara berkelompok Tugas kelompok

Tugas individu

Pertanyaan
lisan Performans


Uraian bebas

Jawaban singkat 2x45
Membaca
11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
a. Mengemukakan bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
b. Mengemukakan topic dari teks yang dibaca
c. Mengidentifikasi informasi tertentu dari teks fungsional pendek resmi dan tak resmi Teks banner, poster, pamphlet dll. a. Studi pustaka untuk menidentifiksi berbagai banner, poster, pamphlet secara berkelompok
b. Mendiskusikan secara kelompok informasi, struktur, dan discourse dari banner, poster, pamphlet yang dibaca Tugas kelompok

Tugas individu

Ter tertulis Uraian objektif

Performans

Uraian objektif 2x45 Jakarta post

Hello magazine

Esolonline

English K-6 modules Board of studi New South Wales


Menulis
12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
a. Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat
b. Menulis gagasan utama
c. Mengelaborasi gagasan utama
d. Membuat draft, merevisi dan menyuting
e. Menghasilkan teks fungsional pendek resmi dan tak resmi
a. Membuat banner, poster, pamphlet secara individu
b. Mempublikasikan dikelas masing-masing Tugas individu

Tugas kelompok
Performans

Uraian bebas 2x45
Membaca
11. Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk narrative dan review secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan 11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review a. Menguraikan isi cerita
b. Menguraikan kejadian dalam teks yang dibaca
c. Mengetahui saran pada sebuah review yang dibaca
d. Mengurutkan langkah-langkah retorika dari teks review/narrative
e. Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang dibaca  Teks lisan berbentuk narrative
 Teks lisan berbentuk review
 Complex sentences
 Relative clause
 Attitude Expression










a. Studi pustaka untuk mengetahui isi cerita, kejadian, saran, langkah-langkah retorika serta tujuan komunikasi teks yang dibaca secara berkelompok
b. Mendiskusikan berbagai aspek dari teks dengan kelompok
c. Mendiskusikan secara klasikal bentuk kalimat penilaian dan kalimat kompleks Tugas kelompok

Pertanyaan lisan

Tugas individu Uraian objektif

Uraian objektif

Uraian bebas

5x45 Buku Panduan{ Eudia Grace, Th.M. Sudarwati. Look Ahead_For Senior High School Student Year X. Jakarta: Erlangga.


Jakarta post

Hello magazine

Esolonline

CD/Kaset

Menulis
12.Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review dalam konteks kehidupan sehari-hari 12.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review
a. Mengoperasikan kalimat penilaian dalam menulis review
b. Membuat teks berbentuk narrative
c. Membuat teks berbentuk review a. Menonton sebuah film secara klasikal untuk memahami isi cerita
b. Memberikan review secara menyeluruh terhadap film yang ditonton dalam kelompok
c. Membuat sebuah narrative/review secara individu
Unjuk kerja

Tugas kelompok


Tugas individu

Uraian bebas

Uraian objektiv


Portofolio
4x45

Tidak ada komentar:

Pengikut